Hasil Seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM)

Hasil Seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM)
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral disingkat KESDM (dahulu Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, di tingkat Provinsi dan/atau Kabupaten dikenal dengan nama Dinas Pertambangan dan Energi) adalah Kementerian yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang energi dan sumber daya mineral. Kementerian ESDM dipimpin oleh seorang Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) yang sejak tanggal 19 Oktober 2011 dijabat oleh Jero Wacik yang membawahi beberapa Badan dan Direktorat Jenderal. Tahun 1966 : Departemen Urusan Minyak dan Gas Bumi dilebur menjadi Kementerian Pertambangan dan Migas yang membawahi Departemen Minyak dan Gas Bumi.

Kemudian tahun 1966 : dalam Kabinet Ampera, Departemen Minyak dan Gas Bumi dan Departemen Pertambangan dilebur menjadi Departemen Pertambangan. dan pada tahun 1978 : Departemen Pertambangan berubah menjadi Departemen Pertambangan dan Energi. selanjutnya pada tahun 2000 : Departemen Pertambangan dan Energi berubah menjadi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Fungsi Kementerian ESDM (KESDM) :
  • Perumusan kebijakan nasional, kebijakan pelaksanaan dan kebijakan teknis di bidang energi dan sumber daya mineral;
  • Pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang energi dan sumber daya mineral;
  • Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Departemen/Kementerian;
  • Pengawasan atas pelaksanaan tugas Departemen/Kementerian
  • Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsi Departemen/Kementerian kepada Presiden.

Sebelum melihat pengumuman hasil akhir seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) tahun 2014 silahkan flashback kebelakang menengok roadshow kegiatan seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) mulai dari pengumuman formasi CPNS sampai dengan pengumuman hasil seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) :


Pelaksanaan Seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) Tahun 2014

Seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) 2014 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan seleksi yaitu :
  1. Pengumuman formasi CPNS Kementerian ESDM (KESDM)
  2. Pengiriman berkas lamaran CPNS secara ONLINE maupun OFFLINE ( POS
  3. Pelaksanaan tes seleksi yang terdiri dari :
    1. Tes seleksi administrasi
    2. Tes kesehatan dan kesamaptaan
    3. Tes TKD dan CAT
Dari pelaksanaan seleksi CPNS tersebut maka dapat dikatakan bahwa perekrutan CPNS pada tahun 2014 adalah bersih, transparan, tanpa adanya KKN ( Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme ) tidak seperti pelaksanaan rekrutmen CPNS pada tahun-tahun sebelumnya. Hasil seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) dari pelaksanaan tes dengan menggunakan metode CAT membuktikan bahwa sistem seleksi CPNS yang diadakan oleh Kemenpan pada tahun ini diadakan secara profesional dan kredibel dimata masyarakat Indonesia.

Mengenai berapa jumlah usulan Formasi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) tahun 2014 disesuaikan dengan angka kebutuhan pegawai negeri sipil atau PNS di Lingkup Kabupaten CPNS Kementerian ESDM (KESDM) pada tahun 2014. Adapun jumlah dan rincian kebutuhan tenaga PNS pada Formasi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) tahun 2014, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Birokrasi ( Kemen PAN dan RB ) akan menetapkan sesuai usulan dari masing-masing instansi dalam hal ini Kementerian ESDM (KESDM) yaitu pada bulan Agustus 2014 sampai dengan September 2014 di website resmi Kementerian ESDM (KESDM) : [link] atau pada portal nasional penerimaan CPNS tahun 2014 : http://panselnas.menpan.go.id.

Sistem Penilaian Seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM)

Hasil akhir seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) merupakan hasil dari serangkaian kegiatan perekrutan CPNS Kementerian ESDM (KESDM) tahun 2014 mulai dari pengumuman formasi CPNS Kementerian ESDM (KESDM), pengiriman berkas lamaran CPNS kemudian pelaksanaan Tes CPNS Kementerian ESDM (KESDM) dimana tes CPNS tersebut menggunakan sistem CAT yang dapat anda download melalui tautan berikut : [link] sampai dengan pengumuman hasil seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) yang dapat didownload melalui situs pengumuman hasil seleksi resmi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) atau melalui tautan berikut : [link]

Sistem penilaian dari hasil seleksi penerimaan CPNS yang digunakan dalam seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) tahun 2014 ditentukan oleh pihak Kementerian ESDM (KESDM) selaku instansi yang membuka formasi CPNS. Adapun pihak Kementerian PAN dan RB yang bertanggung jawab dalam rekrutmen CPNS tahun 2014 merupakan penyedia layanan dalam pengumuman formasi yang dibuka dan pendaftaran pelamar calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian ESDM (KESDM). Sehingga sistem penilaian adalah sepenuhnya hak dan kewenangan instansi Kementerian ESDM (KESDM).

Penilaian atas hasil tes seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) adalah bersifat MUTLAK tidak dapat diganggu gugat, penilaian atas beberapa tahapan tes CPNS tersebut melalui metode Computer Assisted Test diolah dan didapatkan hasil penilaian yang kredibel dan transparan di mata masyarakat Indonesia. Untuk itu bagi pelamar CPNS tidak perlu takut akan adanya praktek-praktek KKN dalam proses seleksi CPNS sampai didapatkan hasil seleksi penerimaan CPNS Kementerian ESDM (KESDM) tahun 2014.


Pengumuman Hasil Seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM)

Seleksi penerimaan CPNS Kementerian ESDM (KESDM)  pada tahun 2014 yang dijadwalkan berlangsung pada bulan September 2014 - Oktober 2014 dan direncanakan menggunakan metode seleksi CPNS dengan CAT - Computer Assisted Test yaitu pelaksanaan tes yang menggunakan komputer sebagi media tes. Pengumuman Hasil seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) yang menggunakan metode CAT CPNS tersebut dapat didownload melalui situs pengumuman hasil seleksi resmi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) atau melalui tautan berikut : [link]

Pengumuman hasil seleksi CPNS tersebut bersifat FINAL atau tidak dapat diganggu gugat, sehingga bagi para pelamar / pendaftar CPNS Kementerian ESDM (KESDM) tahun 2014 yang tidak lolos seleksi agar menerima apa adanya legawa atas keputusan panitia pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM). Bagi para pelamar / pendaftar yang lolos diucapkan selamat semoga dapat mengemban amanah dengan baik sebagai calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian ESDM (KESDM).

Dalam hasil keputusan penerimaan seleksi CPNS yang diumumkan oleh pihak Kemen PAN dan RB maupun oleh Kementerian ESDM (KESDM), hasil tersebut merupakan hasil dari proses seleksi CPNS yang kredibel tanpa adanya tindak praktek KKN karena metode CAT yang dipakai dalam proses seleksi penerimaan CPNS Kementerian ESDM (KESDM), dengan metode tersebut hasil yang diperoleh lebih transparan dan terpercaya sehingga masyarakat Indonesia lebih menerima terhadap setiap hasil atau keputusan dalam pengumuman hasil seleksi CPNS Kementerian ESDM (KESDM) tahun 2014.